Breaking News

Kampung Pelangi Malahayu Destinasi Wisata Baru di Brebes

Malahayu (cbmnews.net) – Di penghujung tahun 2017 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Geger Halang Waduk Malahayu Kecamatan Malahayu mengadakan  launching obyek wisata baru Kampung Pelangi. Kampung Pelangi  Malahayu bukan yang pertama di Indonesia, tetapi satu-satunya yang dibuat oleh masyarakat.
Uman Rusman ( 40) ketua Pokdarwis Geger Halang mengatakan tujuan dibuatnya kampung pelangi di desanya untuk memberikan kontribusi untuk desanya.
“Potensi Waduk Malahayu yang begitu besar untuk menarik minat wisatawan, membuat saya tergerak untuk membuat satu terobosan. Dukuh Balsiyah menjadi alternatif untuk dibenahi dan dijadikan kampung pelangi,” katanya, Minggu (31/12).
Wakil Bupati Brebes H. Narjo dalam peresmian tersebut  mengungkapkan , kehadiran kampung pelangi menambah daya tarik wisata Brebes.
“Kehadiran Kampung Pelangi Malahayu makin menambah jumlah wisatawan Brebes. Momentum tahun baru membuat keberadaannya menjadi tujuan acara akhir tahun,” katanya.
Dia juga mengingatkan kampung pelangi bukan sekedar kampung yang dicat warna-warni namun bisa dijadikan kawasan perekonomian warga.
“Kampung Pelangi bisa dijadikan etalase untuk memasarkan produk-produk unggulan disini seperti keramik hias, tape ketan daun jambu , opak ketan dan jeruk pelangi. Bisa juga dijadikan sentra kuliner namun masih tetap memperhatikan kearifan lokal,” tambahnya.
Peresmian kampung pelangi juga diisi pertunjukan tari tradisional Wilujeng Sumping dan Rudat. Selain itu, pagelaran busana dari desainer kondang asal Tegal, Ardjono Usman. Jon sapaan akrab Ardjono merupakan desainer yang konsisten menggunakan Batik Salem sebagai bahan rancangannya. Model-model cantik dan ganteng dari Sinok Sitong yang tergabung dalam Ikatan Forum Duta Wisata Brebes (IFDWB).
“Pertama kalinya di Brebes bahkan  mungkin Jawa Tengah pagelaran busana mengelilingi telaga. Tema Swarsa Pelangi The Pamor Of Clafical sangat tepat untuk launching Kampung Pelangi. Pagelaran ini saya apresiasikan untuk Kampung Pelangi dan Pariwisata Brebes” katanya.
Dalam kesempatan tersebut hadir juga wakil ketua Komisi X DPR RI, Abdullah Fikri beserta rombongan. Ketika dimintai pendapatnya tentang kehadiran kampung pelangi, dia mengatakan sangat bangga dengan inovasi yang dilakukan Pokdarwis Geger Halang.
“Saya sangat mengapreasi pertumbuhan wisata di Kabupaten Brebes. Sinergitas yang dibangun  antara pemerintah daerah, Pokdarwis dan pelaku wisata sangat harmonis. Tentu hal ini harus dipertahankan dan terus dilakukan dialog dan inovasi untuk kemajuan bersama,” pungkasnya. (Bas)

Tidak ada komentar