Breaking News

Tangani Ibu Hamil Risiko Tinggi, FKD Desa Kalijurang MOU dengan RSUD Bumiayu Bumiayu

Tonjong (cbmnews.net) – Forum Kesehatan Desa (FKD) Desa Kalijurang baru saja menandatangani Kerjasama Dengan RSUD Bumiayu di Ruang Direktur RSUD Bumiayu pada Sabtu, 28 Januari 2018. Hal-hal yang disepakati diantara keduanya yakni penanganan terhadap Ibu Hamil dengan Resiko tinggi (Risti) Kehamilan.
Penanganan tersebut berupa pelayanan dokter SPOG dan Pemeriksaan USG.  Fasilitas yang didapat oleh Ibu Hamil dari Kalijurang berupa pemangkasan anggaran sampai dengan 40 persen dan sisanya ditanggung Oleh Desa dari alokasi dana desa yang dikelola oleh FKD.
Selain Ibu Hamil yang digratiskan, pengantar Ibu Hamil Risti Juga mendapatkan uang transport dari dana Desa. Hal tersebut disampaikan oleh Dwi May Ismawan, S.Kep, selaku Ketua FKD Desa Kalijurang.
“ Dana yang diamanahkan kepada FKD dari Dana Desa, kami peruntukan untuk Membantu Ibu Hamil Risti dan transport bagi pengantarnya, agar dapat mendapat pelayanan SPOG” Kata May.
Hadir dalam MOU tersebut Direktur RSUD Bumiayu dr. Ali Budiono, Wasri, SST perwakilan dari Puskesmas Tonjong, Kepala Desa Kalijurang Tarsun, Sekretaris Desa Desa Kalijurang Munasik dan Dwi May Ismawan Ketua FKD Desa Kalijurang.
dr. Ali menyampaikan tentang pentingnya penanganan Ibu hamil Risti agar angka kematian Ibu hamil dapat teratasi. “ Pihaknya menandatangani MOU tersebut guna untuk mengurangi angka kematian Ibu Hamil dan mendukung upaya yang dilakukan oleh Desa,” ucapnya.
Sementara Kepala desa Kalijurang sebelum penandatanganan MOU, menyampaikan terimakasih atas sambutan positif dari RSUD Bumiayu, sehingga peningkatan derajat kesehatan masyarakat Kalijurang dapat terus naik.
“Untuk upaya peningkatan kesehatan saya sangat berterimakasih atas kerjasama ini sehingga anggaran yang kami keluarkan dapat bermanfaat dan kesehatan masyarakat Kalijurang meningkat,” katanya.
Hal senada juga disampaikan oleh Bidan Desa Kalijurang Sri yang menguatkan bahwa kerjasama ini merupakan kerjasama yang pertama di wilayah Kecamatan Tonjong antara desa dan RSUD yang sebenarnya sudah didahului kerjasama antara RSUD dan Puskesmas Tonjong untuk peningkatan derajat Kesehatan di wilayah Kerja Puskesmas Tonjong.  “Kerjasama ini adalah tindak lanjut dari kerjasama antara Puskesmas Tonjong dan RSUD Bumiayu sebagai pilot project pengoptimalan anggaran 4% dana desa untuk alokasi Kesehatan melalui FKD,” tandasnya. (DMI)

Tidak ada komentar