Breaking News

FKD Kalijurang Bagikan Jamban Gratis dan PMT pada Warga

Tonjong (cbmnews.net)- Pemerintah Desa Kalijurang, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes melalui Forum Kesehatan Desa (FKD), memberikan jamban sehat kepada warganya. Tujuan dibuatkanya jamban tersebut agar desa Kalijurang menjadi desa ODF dan sebagai upaya pencegahan anak tumbuh pendek (Stunting).
Pembuatan Jamban tersebut menggunakan dana Desa (DD) melalui anggaran FKD. Jamban tersebut diberikan kepada Keluarga kurang mampu dan beresiko stunting. Hadir dalam penyerahan jamban tersebut Kepala Puskesmas Tonjong dr Hj. Ida Rakhmawati, Danramil Tonjong Suwardi, Kepala Desa Kalijurang Tarsun, Ketua FKD desa Kalijurang Dwi May Ismawan, tokoh Masyarakat dan beberapa staf dari Puskesmas dan Koramil, Senin (12/2).
Dalam penyerahan tersebut juga diberikan paket bahan makanan dari FKD Desa Kalijurang berupa Beras dan Telur serta makanan tambahan untuk balita oleh Puskesmas Tonjong berupa Biskuit untuk Balita. dr. Ida Rakhmawati berpesan kepada penerima bantuan agar dapat menjaga kebersihan dan kesehatan dengan stop BAB sembarangan.
“Setelah diberikan bantuan jamban tersebut silahkan dimanfaatkan dengan baik dan jangan lupa untuk memeriksakan anaknya ke posyandu,” katanya.
Kepala desa Kalijurang Tarsun menyampaikan, bahwa pemerintah Desa Kalijurang sudah menganggarkan dari DD, yang salahsatunya untuk Kesehatan
“Kami sudah menganggarkan dana desa untuk kesehatan termasuk untuk Jambanisasi,” ucapnya.
Sementara salah satu penerima jamban Heri, menyampaikan rasa terimakasih karena secara gratis dapat memperoleh Jamban sehingga tidak lagi BAB sembarangan.
“Saya mengucapkan rasa terimakasih kepada Desa dan Puskesmas Tonjong yang telah memberi kami Jamban dan akan saya manfaatkan sebaik-baiknya,” ucapnya.
Kegiatan tersebut merupakan salah satu program FKD desa Kalijurang untuk upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat  melalalui pencegahan stanting, penurunan AKI/AKB dan upaya preventif lainnya. Disampaikan Ketua FKD desa Kalijurang Dwi May Ismawan disela-sela penyerahan jamban sehat.
“Secara berkelanjutan kami terus merealisasikan program yang telah disusun agar derajat kesehatan warga Kalijurang terus meningkat,” Katanya. (DMI/her)

Tidak ada komentar