Breaking News

Pemdes Kedungoleng Anggarkan Rp 200 juta untuk Layanan Dasar

Kedungoleng (cbmnew.net)- Kepala Desa Kedungoleng Kecamatan Paguyangan Usman Salim mengatakan di depan peserta monitoring standar SMP yang diselenggarakan Formasi Kompak, Dana Desa harus sesuai dengan kebutuhan desa dan realisasinya harus tepat sasaran.
“Kami akan menganggarkan 4 persen untuk Pendidikan, 4 persen untuk Kesehatan, dan 3 persen untuk layanan dasar lainnya, seperti Administrasi Kependudukan (Adminduk),” ungkapnya.
Lanjut Usman, Dana Desa jumlahnya 1 Milliar, maka 4 persen dari 1 Milliar tersebut kurang lebih 40 sampai 50 juta, Jadi kalau dihitung, jumlah yang kami anggarkan, baik untuk pendidikan, kesehatan, maupun adminduk maka totalnya kurang lebih Rp 200 juta.
Menurut salim, bahwa  Pendidikan, Kesehatan, maupun Adminduk, memang harus selalu diprioritaskan pelayanannya, karena ketiganya akan sangat berpengaruh dalam kemajuan kehidupan bangsa.
“Sebagai contoh, misalnya ada anak yang tidak mampu bersekolah, maka Desa bekerjasama dengan Sekolah akan memasukkannya kembali agar mau bersekolah, dan pihak Sekolah harus mau menerimanya kembali untuk bersekolah.Desa akan memberikan uang transport juga alat tulis kepada anak tersebut,” imbuhnya.
Selain itu,  di bidang kesehatan, desa juga akan melakukan kegiatan kotak sampah keliling  misalkan 1 RT maupun 1 kelompok.
Demikian juga dalam adminduk, kami meminta tim selapanan untuk dapat membantu desa dalam mendata warga yang belum memiliki akte Kelahiran agar dapat diproses secepatnya.
Salah satu tim Salapan, Dayunah (43) merasa sekarang ini geraknya lebih semangat dalam mendata segala sesuatu yang berkaitan dengan 3 pokok layanan dasar tersebut.
“Saat ini kami lebih bersemangat dalam setiap mendata, baik anak anak yang tidak sekolah, anak anak yang tidak mempunyai akte, maupun anak anak yang  diffable, maupun anak anak yang kekurangan gizi, misalnya, karena Pemerintah Desa sudah memberikan ruang untuk kami, tim selapanan untuk dapat membantu kegiatan desanya ,” tegas Dayunah. (NK)

Tidak ada komentar