Breaking News

Tekan Kasus AKI, Camat Tonjong Kunjungi Bumil Resti

Tonjong (cbmnews.net) – Camat Tonjong Kabupaten Brebes Sumarno didampingi Bidan Koordinator Puskesmas Tonjong dan Pemerintah Desa Kalijurang serta Pengurus FKD pada Jumat (2/2/18) mengunjungi ibu hamil dengan resiko tinggi.
Kunjungan tersebut bertujuan untuk memastikan ibu hamil dengan resiko tinggi dapat tertangani dan mendapatkan akses kesehatan yang baik. Mereka mengunjungi Ibu Masruroh 44 Th yang sedang mengandung 34 minggu.
“ Tim Kecamatan bersama pihak Desa datang ke sini (Rumah Ibu Masruroh) memastikan bahwa pelayanan dasar yang digaungkan dari tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga Pedesaan berjalan dengan baik dan semua masyarakat tertangani ” katanya.
Pada kesempatan tersebut, pihak Forum Kesehatan Desa (FKD), menyerahkan dana pemeriksaan SPOG dan transport bumil, transport kader pendamping, dan paket bantuan makanan tambahan untuk Ibu hamil berupa telur, minyak dan susu ibu hamil.
Selanjutnya Pihak Bidan Koordinator langsung memberika surat rujukan yang digunakan untuk pemeriksaan dokter SpOG dan pemeriksaan USG. Saat memberikan rujukan bidan Sri Berpesan agar Ibu Masruroh memeriksakan kesehatannya.
“ Bu melalui kunjungan ini kami berpesan agar ibu dapat memeriksakan kandunganya di fasilitas Kesehatan agar kehamilan ibu terpantau tenaga Kesehatan,” ungkapnya.
Sementara itu, Ketua FKD Desa Kalijurang Dwi May Ismawan menyampaikan bahwa pemberian paket makanan tambahan dan dana untuk pemeriksaan kesehatan merupakan program Desa untuk menurunkan Angka Kematian Ibu Hamil (AKI).
“Kegiatan ini merupakan program desa Kalijurang melalui FKD untuk menurunkan angka kematian Ibu Hamil di Desa kami,” tututnya.
Saat ditanyakan respon Ibu Masruroh, dirinya mengaku sangat senang dengan adanya perhatian dan akan memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya.
“ Senang sekali sudah dikunjungi dan disarankan untuk periksa kandungan, dan setelah ini saya akan memriksakanya bersama bu kader,” katanya.
Kegiatan ini adalah implementasi setelah FKD Desa Kalijurang dan RSUD Bumiayu menjalin kerja sama untuk penanganan kasus resiko tinggi Kehamilan melalui desa. (DMI)

Tidak ada komentar