Breaking News

Tumbuhkan Kepedulian Karang Taruna Lewat Peduli Banjir

BREBES (cbmnews.net)- Rasa kepedulian dan jiwa sosial kepada sesama. Perlu terus ditumbuh kembangkan, dalam jiwa semua kader karang taruna. Kumpulan para aktivis karang taruna dari berbagai desa di Kabupaten Brebes baru baru ini bergabung dalam solidaritas dan aksi peduli bencana banjir yang terjadi di daerah brebes.

Kegiatan ini memang merupakan bentuk kegiatan nyata yang dilakukan karang taruna sesuai dengan acuan permensos no.77/HUK/thn.2010. Dalam AD ART karang taruna ini ditegaskan bahwa karang taruna adalah organisasi sosial yang berbasis di desa, sudah seyogyannya diapresiasikan di kehidupan bermasyarakat.
Dimulai dari para aktivis karang taruna desa ini mengumpulkan donasi yang berbentuk uang dan bahan makanan seperti mie instan, air mineral, pakaian layak pakai dan berbagai macam kebutuhan kesehatan ringan seperti minyak angin,pampers,dan bubur bayi. Yang kemudian di satukan ,akhirnya bisa dikordinasi dan segera di salurkan langsung ke kelurahan limbangan kulon dan daerah terdampak banjir lainnya di Brebes, kemarin.
Menurut Hartono selaku ketua umum karang taruna Kecamatan Larangan, kegiatan ini akan sering dilakukan bukan hanya jika ada bencana, namun juga sebagai aksi solidaritas yang bersifat reaksi cepat.
“kegiatan ini bisa dilakukan bukan hanya saat ada bencana saja tapi bisa diaplikasikan ke dalam bentuk bantuan RTLH, bantuan stimulan ataupun yang bersifat gotong royong, beliau juga menerangkan bahwa kegiatan kemarin sudah diikuti sekitar 10 desa dari berbagai kecamatan yang ada di brebes, diantaranya desa Banjaratma, Wlahar, Siwuluh, Pekauman, Larangan, Cimohong, Kluwut, dusun kaliancol dan lainnya,” katanya.
Berkumpulnya karang taruna ini juga berfungsi sebagai barometer seberapa aktiv dan berswadanya pemuda pemudi di suatu daerah, Di Kabupaten Brebes sendiri, kegiatan karang taruna ini masihlah minim dikarenakan pemerintah baik desa maupun kabupaten kurang memperhatikan tumbuhnya organisasi ini. Ditambah pula kurangnya rasa solidaritas dan membangun para kalangan pemuda pemudi di desa masing masing.
Aji Jumantoro ketua Karang Taruna Banjaratma sebagai koordinator aksi menambahkan, melalui kegiatan peduli bencana banjir ini, sebagai pembangkit rasa kemanusiaan dan kepedulian para pemuda juga di harapkan sebagai ajang pemersatu karang taruna se Kabupaten Brebes ini yang sudah terlalu lama tidak di aktivkan.
“Rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama harus terus ditumbuhkan, kegiatan seperti ini harus terus dilakukan mengingat para pemuda adalah generasi penerus bangsa ini. Harapan saya pada para aktivis karang taruna ini adalah dengan seringnya melakukan kegiatan sosial maka akan mendorong mentalitas yang peduli terhadap sesama,” katanya. (her)

Tidak ada komentar