Breaking News

40 Perwakilan Desa Dilatih Pengembangan Perpustakaan Desa

BREBES (cbmnews.net)- Sebanyak 40 peserta dari desa perwakilan tiap-tiap kecamatan se Kabupaten Brebes dilatih Pengelolaan pengembangan perpustakaan desa. Pelatihan diselenggarakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kabupaten Brebes, bertempat di Hotel Grand Dian Brebes selama dua hari. Rabu-Kamis (28-29/03).
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Brebes, Tatag Kusadianto, MSi mengatakan Salah satu faktor yang menyebabkan IPM kabupaten Brebes masih rendah adalah tingkat pendidikan rendah. Maka minat baca harus ditumbuhkan.
“Harus bisa merubah paradigma cara berpikir masyarakat terutama di daerah pedesaan tentang pentingnya pendidikan. Di kabupaten Brebes harus mulai ditumbuhkan minat baca masyarakat, semakin banyak masyarakat yang gemar membaca diharapkan bisa mengubah pandangan masyarakat tentang pendidikan,” katanya saat membuka acara.
Kemampuan berpikir akan semakin berkembang dengan membaca, karena semakin banyak membaca membuka cakrawala kita.
“Dinas kearsipan dan perpustakaan ingin menumbuhkan pemicu minat baca dimasyarakat. Salah satu caranya adalah melatih masyarakat desa untuk merintis dan mengembangkan perpustakaan desa. Dengan membaca membuka jendela-jendela informasi dunia,” terang Tatag.
Lebih lanjut Tatag menjelaskan kegiatan ini bukan suatu kegiatan yang start langsung finish. Tapi ini adalah langkah awal pengembangan perpustakaan desa.
“Dinas siap memfasilitasi pembentukan dan pengembangan perpustakaan desa, bagi desa yang proaktif dan benar-benar serius dalam pengembangan perpustakaan agar disuplai kelengkapan buku atau minimal tempat akan difasilitasi,” tambahnya.
Salah satu peserta workshop dari Desa Parereja Kecamatan Banjarharjo Puji Astuti, sangat bersemangat untuk mengembangkan perpustakaan di desanya.
“Saya sangat antusias mengikuti pelatihan ini, semoga ilmu yang didapat hari ini bisa saya aplikasikan di desa. Sehingga terwujudnya perpustakaan desa yang sangat saya idam-idamkan,” katanya.
Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan terhadap sumber daya manusia yang akan mengelola perpustakaan desa. (her)

Tidak ada komentar