Breaking News

Desa Terlangu Ditetapkan Sebagai Kampung Lalu lintas

Brebes (cbmnews.net) – Danramil Brebes menghadiri peresmian kampung lalu lintas yang bertempat gang gotong royong satu dan dua Desa Terlangu Brebes, Kapolres Brebes AKBP Sugiarto, SH SIK MSi meresmikan pembentukan Kampung Lalulintas dengan dilakukan pemotongan pita, Jumat (18/5/2018).
Desa Terlangu Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes dijadikan percontohan pembentukan kampung lalulintas di Brebes. Pembentukan tersebut bertujuan untuk menekan angka kecelakaan yang hingga kini masih relatif tinggi.
Menurut Kapolres bahwa data kasus kecelakaan diseluruh wilayah Brebes pada tahun 2016 terdapat 521 kasus dengan korban meninggal dunia 163 orang dan luka 568 orang. Kejadian tersebut mengalami kenaikan pada tahun 2017. Dimana terjadi 566 kasus kecelakaan dengan korban meninggal 189 orang dan korban luka 684 orang. “Dengan demikian jumlah kejadian dan fatalitas korban tahun 2016 dibandingkan tahun 2017 mengalami peningkatan,” jelasnya.
“Dengan masih tingginya angka kecelakaan tersebut yang menjadikan latar belakang pembentukan kampung lalulintas ini,” jelas Kapolres Brebes.
Dengan kampung lalulintas, Kapolres berharap masyarakat bisa lebih memahami dan mengetahui tentang rambu rambu dan tata tertib berlalulintas. “Kita harapkan masyarakat bisa lebih memahami dan mengetahui tentang rambu lalu lintas dan tata tertib berlalu lintas, sehingga akan terwujud Kamseltibcarlantas,” terang Sugiarto.
Dikatakan Kapolres kampung lalu lintas di Desa Terlangu ini merupakan inovasi pertama di Brebes, bahkan di Jawa Tengah. “Kalau Desa Terlangu dipilih karena memang responnya bagus, dan masyarakatnya juga selalu mengedepankan untuk tertib berlalulintas,” katanya.
Ia menjelaskan, lewat kampung lalu lintas, nantinya  lebih mengedukasi masyarakat dari tingkat desa, bahkan hingga RT dan RW bisa langsung mendapat pengetahuan tentang keselamatan berlalulintas. Satlantas Polres Brebes sudah memasang beberapa rambu lalu lintas dan papan peringatan (rambu rambu).
Di sela-sela acara Danramil Brebes Kapten Inf Nurhadi mengatakan,  mengapresiasikan dengan adanya Kampung Lalulintas ini semoga bisa menjadikan contoh perilaku pengendara yang tertib berlalulintas dan mentaati peraturan lalulintas mulai dari keluarga dan ke lingkungan sekitar sehingga terhindar dari kecelakaan.
Hadir dalam  peresmian kampung lalu lintas Desa Terlangu Brebes diantaranya Kepala Jasa Raharja Cabang Tegal Adhitya, Camat Brebes Eko Purwanto, BA, SIP, Kapolsek Brebes AKP Harti, S.H, Danramil Brebes Kapt. Inf. Nurhadi, Direktur RS Bhakti Asih Brebes dr. Azmi, Kepala Dinas Perhubungan Kab. Brebes yang mewakili Wardoyo, Kepala Kelurahan dan Kepala Desa Se Kec. Brebes, Warga Kampung Lalu Lintas Desa Terlangu dan sekitarnya. (Pendim0713/Brebes).

Tidak ada komentar