Breaking News

Kado HAN 2018, Kabupaten Brebes Mendapat Penghargaan KLA Kategori Madya, SRA dan PRA Tingkat Nasional

Surabaya (cbmnews.net) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) Republik Indonesia Yohana Yembise meminta dukungan Kab/Kota untuk mensukseskan Indonesia Layak Anak (Idola). Hingga saat ini belum ada kab/kota yang Kategori Layak Anak. Kementrian PPPA Republik Indonesia memberikan setiap tahun apresiasi atas pelaksanaan KLA di daerah dengan 5 kategori yaitu: 1. Kabupaten/kota Layak, Anak, 2. Utama, 3. Nindya, 4. Madya, 5. Pratama.
” Bila semua kab/kota layak anak maka secara otomatis Provinsi bisa layak anak, urusan pemberdayaan perempuan dan perlindungan didaerah masuk urusan wajib, sehingga pihaknya mohon dukungan bagi Kab/Kota untuk memprioritaskan pemberdayaan perempuan dan anak. Dua pilar perempuan dan anak adalah investasi perempuan dan anak,” ungkapnya dihadapan Bupati/Walikota yang menerima penghargaan Kab/Kota Se Indonesia di Surabaya, senin (23/7/2018).
Ia menambahkan, pemberian penghargaan akan dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan untuk memacu tercapainya target Kab/Kota Layak Anak, agar target Indonesia Layak Anak 2020 tercapai. Pihaknya berharap agar daerah selalu melakukan sinergitas program terutama untuk organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan lintas sektoral maupun dunia usaha.
Adapun untuk kategori peringkat kab/kota tahun 2018 dengan 2 Kota Predikat Utama yakni Kota Surakarta dan Kota Surabaya. Peringkat Nindya 11 Kab/Kota yakni Kota Denpasar, Kabupaten Gianyar, Kota Padang, Kota Magelang, Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, Kota Bandung, Kabupaten Tulungagung, Kota Sawalunto.
Tingkat Madya 17 kab/kota yakni Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Magelang, Kabupaten Rembang, Kabupaten Brebes, Kabupaten Klaten, Kota Semarang, Kota Malang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Malang, Kota Kediri, Kabupaten Jombang, Kabupaten Lamongan, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kabupaten Magelang.
Bupati Brebes Hj Idza Priyanti, SE. MH berterima kasih atas kinerja OPD yang selama ini yang telah berjuang bersama, sehingga mendapatkan banyak penghargaan, termasuk peranserta para pendamping anak dan juga lintas sektor dan organisasi peduli anak.
” Penghargaan Kabupaten Brebes pada malam ini yakni Kategori Madya, Puskesmas Ramah Anak (PRA) yakni Puskesmas Bumiayu, Sekolah Ramah Anak (SRA) kategori SMP yakni SMP Negeri 5 Brebes, dan Kategori SMA yakni SMA Negeri 2 Brebes, Penghargaan tahun ini paling untuk Kab/Kota di Indonesia,” pungkasnya. (BU)

Tidak ada komentar