Breaking News

Pendamping PKH Harus Dampingi Penerima Manfaat Saat Pencairan

Bulakamba – Pendamping sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Bulakamba melakukan pendampingan dan edukasi pengambilan Bansos PKH nontunai kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan.
Demikian disampaikan oleh salah satu pendamping PKH di Kecamatan Bulamamba pada saat mendampingi KPM di Gerai ATM Bulakamba, Minggu (5/8/208).
Menurutnya, kgiatan ini merupakan penyaluran bansos PKH  nontunai tahap 3 tahun 2018 sebesar Rp 500 ribu kepada masing-masing KPM. Pengambilan bantuan nontunai PKH dilaksanakan melalui Gerai Anjungan Tunai Mandiri (ATM) bank-bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), yaitu BNI, BRI, Mandiri, dan BTN terdekat.
Lanjut Edi, kegiatan seperti ini salah satu dari tugas pendamping sosial PKH, setiap penerima Keluarga yang menerima manfaat pada Program Keluarga Harapan memang harus mendapatkan edukasi agar mereka paham bagaimana menggunakan kartu ATM-nya.
” Fungsi ATM tersebut sebagai media transaksi perbankan untuk mendapatkan bantuan sosial non tunai dari pemerintah. Pencairan dana bantuan sosial PKH sejak tahun 2016 diberikan dalam format nontunai. Dengan cara ini, masyarakat penerima PKH diharapkan bisa menabung dari uang yang diterima dari pemerintah,” imbuhnya.
Tabungan tersebut tidak hanya untuk mengambil dana bantuan saja tetapi juga bisa digunakan untuk menabung jika penerima bantuan ini mendapatkan rezeki. Dana PKH diberikan kepada keluarga miskin yang memiliki kategori terutama ibu hamil, balita, anak sekolah, dan lansia untuk manfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka.
Sementara ditempat terpisah, Koordinator Wilayah PKH Jawa Tengah, M. Arif Rohman Muis, mengatakan Bansos PKH Non Tunai di Kabupaten Brebes Tahap 3 Tahun 2018 sudah disalurkan kepada masing-masing KPM.
“ Selaku Korwil PKH meminta para pendamping untuk proaktif mendampingi KPM yang ingin mengambil bantuan tersebut, dan para pendamping sosial agar mendampngi mereka secara profesional serta melakukan edukasi agar bantuan tersebut dapat digunakan dengan baik,” katanya.
Adapun penerima manfaat PKH di wilayah Kecamatan Bulakamba sebanyak 9991 KPM. (Edi/BU)

Tidak ada komentar