Breaking News

Pengelolaan Masjid Harus Profesional dan Masuk SIMAS

Brebes – Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Provinsi Jawa Tengah, Drs. H. Masmun Tholib, M.Ag mengatakan, barangsiapa yang membangun masjid maka akan dibangun istana surga, betapa hebatnya qorun begitu kaya tapi ingkar akhirnya musnah, jabatan pasti akan turun atau pindah, maka berbahagialah karena ada yang memperhatikan dan memakmurkan serta berkhidmat kepada masjid.
Demikian disampaikan dihadapan peserta pelantikan Pengurus Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kabupaten Brebes dan Pembinaan Takmir Masjid Se Kabupaten Brebes di Pendopo, Senin (27/08/2018).
Lanjut Masmun Tholib, Dewan Masjid Indonesia hadir atas kekompakan dari 8 organisasi tentang kemasjidan, lalu menyepakati dengan tujuan untuk menjadikan masjid pusat ibadah, persatuan umat, pembinaan umat dan kecerdasan umat dan mampu mensejahterakan masjid.
Tugas utama DMI adalah melakukan pemberdayaan, pembinaan dan persatuan umat, keberadaab DMI diharapkan menata manajemen masjid, dan takmir diundang untuk paham idaroh (pengelolaan manajemen), memakmurkan atau imaroh artinya bagaimana pembinaan remaja masjid dan bisa memberdayakan umat. Ketiga perawatan atau keamanan (riayah) masjid seperti gerakan masjid bersih.
” Selama ini belum ada di jawa tengah yang mendata nama jamaah, apa golongan darahnya, gimana mata pencaharian jamaahnya, sehingga saat ada jamaahnya yang sakit bisa cepat ditangani dengan cepat,” imbuhnya.
Sementara itu Bupati Idza Priyanti, SE, MSi mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus daearah DMI Kabupaten Brebes dan berkenan mendukung kinerja pemerintah daerah.
” Semua masjid harus tersertifikasi wakaf oleh karena itu, pihaknya akan bekerjasama dengan PD DMI dan BPN untuk mewujudkan agar semua Masjid yang telah berdiri mendapatkan sertifikasi wakaf dan IMB,” katanya.
Sementara Kepala Kementrian Agama Brebes H. Makrus bahwa semua masjid harus masuk ke Sistem informasi kemasjidan (SIMAS). Tercatat di Kemenag Brebes data yang belum masuk di SIK ada 1.444 masjid, sehingga ini harus jadi program prioritas yang belum terdata di SIK tersebut.
Hadir pada acara tersebut, Forkompinda, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Brebes, Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala KUA, Ketua Takmir Masjid, Organisasi Masyarakat, Baznas, FKUB, MUI, PCNU, PD Muhamadiyah Brebes, dan Pengurus PD DMI Kabupaten Brebes dan Pengurus Wilayah DMI Jawa Tengah.
Narasumber kegiatan PW DMI Jawa Tengah Masmun Tholib, Dandim 0713 Brebes Letkol Infantri Hadi Hariono, Kepala Kementrian Agama Brebes H. Mahrus, SAg, M.Pdi, Kapolres Brebes AKBP Sugiarto, M.Si (Bahrul Ulum).

Tidak ada komentar