Breaking News

60 Fasilitator Kampung KB Ikuti Pelatihan

Jatibarang (cbmnews.net) – Selama 2 hari (18-19 September 2018) para fasilitator kampung Keluarga Berencana (KB) dari 30 desa yang tersebar di Kecamatan Se Kabupaten Brebes difasilitasi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) mengikuti pelatihan teknik fasilitasi.
Mereka diberikan pemahaman dan ketrampilan memfasilitasi untuk optimalisasi program kampung KB di desanya. Narasumber berasal dari Koalisi Kependudukan Kabupaten Brebes, DP3KB Kabupaten Brebes.
Kepala DP3KB Kabupaten Brebes Drs. H. Hambali, MH mengatakan, Indonesia sudah mulai mengalami bonus demografi, sehingga semua kab/kota harus siap untuk meningkatkan kualitas hidup terutama usia produktif.
Lanjut Hambali, kehadiran fasilitator kampung KB memiliki peran yang strategis untuk memberikan pemahaman kepada warga di kampungnya tentang cara meningkatkan kualitas hidup di masyarakat di semua dimensi kehidupan.
” Fasilitator diharapkan menjadi agen perubahan perilaku di masyarakat, informasi yang didapatkan harus disampaikan kepada penerima manfaat, dampaknya nantinya ada perubahan atas sikap dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya KB, pendidikan berkualitas, kesehatan lingkungan dan daya tahan ekonomi keluarga,” katanya dihadapan peserta di hotel Anggraeni Jatibarang, Rabu (19/9/2018).
Sementara itu salah satu Fasilitator Kampung KB Cenang Sahirman, merasa terbantu dengan peningkatan kapasitas bagi fasilitator, pendidikan model orang dewasa dan teknik yang disajikan dan disampaikan oleh master fasilitator benar-benar tidak menjenuhkan, ada banyak materi baru dan teknik fasilitasi yang diterima selama ini.
Ia menambahkan, dua hari tak terasa mempelajari ilmu yang disampaikan, dan siap untuk menyampaikan ilmunya kepada warga di desanya.
Di akhir kegiatan para peserta menyusun rencana tindak lanjut dan diserahkan hasil penulisan RTL kepada penyelenggara. (BU).

Tidak ada komentar