Breaking News

Darurat Sampah, Aktivis LSM Lingkungan Gelar Audiensi Ke Bupati


Brebes ( cbmnews.id ) - Persoalan sampah sampai ke desa, upaya dari pemerintah desa sudah optimal, tapi fenoma pembuangan sampah dikota pun semakin tak terkontrol, sehingga muncul sebagaian warga dalam membuang sampah sembarangan, begitu pula saat sampah sudah berada di TPS mulai overload dan saat dibuang ke TPA pun kadang terlambat, sehingga muncul protes sebagian warga terutama dengan penumpukan sampah dan bau akibat sampah yang menumpuk.

Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Kabupaten Brebes diwakili oleh Rozikin mengatakan, DLHPS sebagai dinas yang mengelola sampah dari TPS ke TPA. Sehingga kepala desa juga bertanggungjawab atas pengelolaan sampah di desanya, termasuk kepala sekolah saat berada di satuan pendidikan, dan juga pengelola perusahaan, mereka harus mengelola sampah yang ada.

Perilaku warga masyarakat yang tidak memiliki kesadaran membuang sampah sembarangan sangat disayangkan. " Mestinya persoalan sampah bukan hanya wewenang DLHPS saja tapi harus kita carikan solusi bersama, DLHPS punya forum bank sampah, dan melakukan intervensi bantuan bank sampah dibeberapa desa, walaupun belum semua desa memilikinya," terangnya saat acara audiensi bersama Bupati, Selasa (2/10/2019).

Hadir pada pertemuan Bupati, Asisten 1, Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pengairan dan ESDM,  LSM Pataldas, dan LSM Bumi Sang Ratu.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Diding Setiadi memberikan masukan yang komprehensif, yakni perlu ada penyerahan sebagian kewenangan untuk pengelolaan sampah, baik dari level desa dan kecamatan sehingga pendelegasian ini bisa memonitor dan memudahkan sinergitas dilevel wilayah.

Lanjut Diding, perlu ada perencanaan lokasi TPA agar tidak terlalu jauh, pengelolaan sampah menjadi penting termasuk ada dukungan CSR dunia usaha yang peduli sampah, perlu ada sangsi atau denda sebagai aspek penindakan bila ada warga yang melanggar sehingga ada aspek jera, sinergitas kelembagaan untuk penanganan dan pengelolaan sampah.

Aktivis peduli lingkungan Bandungsari Kecamatan Banjarharjo Subkhan, mau merencanakan aksi bersih-bersih sampah, dan saat sampah itu terkumpul, perlu ada armada untuk pengangkutan sampah, jangan sampai sudah dibantu lalu sampahnya nanti dibiarkan menumpuk.

Selanjutnya, Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE. MH menyambut baik usulan dari aktivis lingkungan yang sudah mau mendukung program bidang lingkungan.

"  Pemkab Brebes akan memfasilitasi armada untuk mengangkut sampah saat program aksi kebersihan di Bandungsari dan Ketanggungan yang diselenggarakan oleh LSM Bumi Sang Ratu, dan apresiasi bila aksi LSM lingkungan  ini tetap berlanjut untuk melakukan aksi promosi dan edukasi kepada warga agar jangan buang sampah sembarangan," pungkasnya. (Bahrul Ulum).

Tidak ada komentar