Breaking News

Desa Cenang Sosialisasikan Germas ke Warga

Sosialisasi Germas di Aula Balai Desa Cenang-Doc Sahirman

Cenang (cbmnews.id) - Puluhan warga Desa Cenang Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes melakukan pemeriksaan kesehatan di Posbindu. Kegiatan yang rutin dilakukan di aula balaidesa  tiap bulan yang di selenggarakan UPT kesehatan Kecamatan Songgom. Rabu (17/10/2018).

Kepala Desa Cenang Imam Rifa'i menjelaskan, bahwa kegiatan Posbindu dilaksanakan secara gratis, agar jangan sampai membebani warga yang mau memeriksakan kesehatannya.  Pihaknya berharap agar Bidan Desa bisa menghitung jumlah seluruh kebutuhan obat obatan termasuk dana operasionalnya agar bisa di alokasikan melalui Dana Desa.

Sementara itu, Ernawati Bidan Desa Cenang,sangat senang agar Kegiatan Pos Pembinaan Terpadu ( POSBINDU)  bisa di biayai oleh Desa sebagai pengganti stiknya.

Lanjut Ernawati,  dirinya merasa sangat prihatin mengenai tingkat kesehatan masyarakat, karena tidak semua warga mau untuk periksa kesehatan rutinnya, padahal untuk mengetahui secara berkala kesehatan fisik maka warga harus rutin untuk datang di posbindu. 

" Indikator Germas yang disosialisasikan oleh Dinas Kesehatan adalah memastikan semua warganya untuk periksa kesehatan fisiknya di layanan kesehatan terdekat, asupan gizi aeimvang, olahraga yang cukup, dilarang buang air besar sembarangan dan tidak merokok, " imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan salah satu warga desa RT 02 RW 03 Tarun (55 tahun) merasa sedih, karena setelah di periksa ternyata tensinya tinggi. Dirinya berharap agar mendapatkan obat secara rutin agar penyakitnya bisa di obati. ( sahirman)

Tidak ada komentar