Breaking News

Bantuan Dana Siswa GKB Menggunaka Pola Non Tunai

Sosialisasi Pencairan Dana GKB - Doc Pribadi

Brebes (cbmnews.id) - Kabid Dikdas Dindikpora Kabupaten Brebes Rojat, M.Pd menjelaskan kepada peserta sosialisasi teknis pencairan dana GKB, sejak digulirkan data anak GKB tahun 2017 hingga 2018 ternyata ada data ATS sumber dari Dindikpora sebanyak 17.704 anak. Sementara Bupati Brebes mentargetkan agar pada tahun 2018 dikembalikan 13.000 Anak. Namun setelah di upayakan dengan maksimal bisa dikembalikan sebanyak 4.065 anak.

Ungkapnya di aula Dindikpora saat memberikan sosialisasi mekanisme pencairan dana GKB yang  dihadiri oleh keterwakilan UPTD Kecamatan, Paguyuban Kepala Sekolah, FMPP Kab dan Kecamatan. Rabu (7/11/2018).

Lanjut Rojat, alokasi dana Rp 5,7 milyar diharapkan harus terserap dan diserahkan kepada penerima GKB. Dengan pagu sebesar Rp 800 ribu untuk SD/MI, Rp 1 juta untuk SMP/MTs, dan Rp 1,4 juta untuk SMA/SMK/MA, dan mekanismenya akan dicairkan lewat rekening siswa GKB yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga.

" Dengan pagu baru, dan jumlah siswa yang dikembalikan ke sekolah 4.056 masih ada sedikit silfa yang dikembalikan, hanya saja tidak terlalu banyak silfa yang mengendap," imbuhnya.

Rojat menambahkan kembali, untuk yang formal diserahkan ke anak secara non tunai, artinya mekanismenya mengambil dana nanti masuk virtual account di bank jateng dimana nama anak tersebut sudah masuk listing, dan saat pencairan harus didampingi oleh wali murid dan pihak sekolah.

Dindikpora sudah membuat juknis pencairan GKB, dengan dua opsi yakni pertama uang tunai, tapi ternyata beresiko sangat tinggi, kedua transaksi non tunai, yakni transfer ke rekening siswa lewat bank, akhirnya ini yang dipilih.

" Prioritas pencairan dana GKB pada bulan ini adalah jalur formal dulu, sedangkan jalur non formal (PKBM) masih tahap konsultasi dengan pihak DPPKAD terkait  mekanisme persetujuan pencairan siswa yang lewat PKBM," imbuhnya.

Rojat juga menegaskan, untuk menghindari dana agar tidak disalahgunakan maka harus ada pendampingan dari orangtua siswa dan pihak sekolah. Semua format sudah dibuat oleh pihak dindikpora, hari ini diserahkan ke UPT untuk diproses administrasi ke siswa penerima dan bila dokumen sudah lengkap langsung diproses ke bank jateng untuk di buatkan virtual account penerima sasaran. Pihak dinas akan melakukan sosialisasi di 17 kecamatan yang dipimpin oleh Bupati Brebes.

Sementara itu, Wakil Ketua FMPP Kabupaten Brebes Rumono Aswad, dana untuk siswa formal ini harus segera cair dalam akhir bulan ini, biar bisa bermanfaat bagi anak dalam mengikuti rangkaian pembelajaran di sekolah.

" FMPP Kabupaten hingga desa siap mendukung penuh dari proses perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasan dan monitoring evaluasi, pastikan tidak tumpang tindih yang sumber anggaran APBD Kabupaten dan Dana Desa yang diterima oleh siswa GKB," pungkasnya. (Bahrul Ulum)

Tidak ada komentar