Breaking News

Bupati beserta Jajarannya Tanda Tangani Pakta Integritas GKB

Camat Tonjong sedang Penandatanganan Pakta Integritas GKB - Doc BU


Brebes (cbmnews.id) - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti, SE, MH meminta peran serta Pusat Kegiatan Belajar Mengajar  (PKBM)  untuk membantu mensukseskan Gerakan Kembali Bersekolah (GKB), karena anak dikembalikan melalui dua jalur yakni satuan pendidikan meliputi pendidikan formal dan non formal.

Demikian disampaikan Bupati pada pertemuan rapat koordinasi GKB di Pendopo Brebes sekaligus penandatanganan Pakta integritas untuk mensukseskan pengembalian anak ke sekolah . Senin (12/11/2018).

Lanjut Bupati Brebes, komitmen Pemkab Brebes melalui GKB ini untuk memutus mata rantai persoalan anak yang nasibnya tidak beruntung, karena mereka tidak mengenyam pendidikan, baik alasan putus sekolah, tidak lanjut maupun belum sekolah di usia sekolah, mereka harus belajar di sekolah biar kita ini tidak meninggalkan generasi yang lemah tapi menjadi penerus bangsa yang berkualitas.

" Komitmen ini secara berkelanjutan hingga memastikan cakupan hasil meningkat tiap tahun terutama pada anak yang dikembalikan ke sekolah, hasil akhirnya adalah ada dampaknya yang signifikan IPM Kabupaten Brebes yang semakin naik," imbuhnya.

Pada pertemuan ini juga dilakukan penandatanganan Pakta integritas untuk mensukseskan GKB, mewakili Camat   yakni Camat Brebes, Camat Larangan dan Camat Tonjong termasuk komitmen Bupati Brebes.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Dr. Tahroni, M.Pd mengatakan, khusus untuk pendidikan non formal Pemerintah Pusat mengalokasikan dana ke Kabupaten Brebes akan mendapatkan dana Rp 9 milyar 130 juta  untuk bidang kesetaraan di tahun 2019 dari sumber dana bantuan APBN yakni DAK Non Fisik.

"  Pencairan dana formal anak GKB akan dicairkan di bulan november tahun 2018 lewat dana APBD Kabupaten, sedangkan untuk siswa GKB dari non formal yang masuk ke PKBM akan dicairkan pada februari 2019 di semester ke 2 dari sumber dana APBD 2018,  adapun untuk alokasi keaksaraan di tahun 2019 Pemkab Brebes mendapatkan anggarn lewat DAK Non Fisik APBN," tandasnya. (Bahrul Ulum)

Tidak ada komentar