Breaking News

Pengurus Koalisi Kependudukan Kabupaten Brebes Dilantik

Brebes (cbmnews.id) – Ketua Koalisi Kependudukan Provinsi Jawa Tengah Prof.Dr.Ir. Saratri Wilonoyudho, Msi melantik Kepengurusan Koalisi Kependudukan Kabupaten Brebes di Meeting Room Hotel Grand Dian Brebes, Selasa (13/11).

Pengurus Koalisi Kependudukan terdiri dari unsur Pemerintah, Perguruan Tinggi, organisasi masyarakat dan keagamaan. Diantaranya dari  tokoh NU, Muhammadiyah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), jurnalis, akademisi dan masih banyak lainnya.

Selain pelantikan, diadakan  seminar kependudukan dengan narasumber Ketua Koalisi Kependudukan Provinsi Jawa Tengah Prof.Dr.Ir. Saratri Wilonoyudho, MSi.

“ Kepengurusan ini dibentuk untuk melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas penduduk dan memperkuat koordinasi serta keterpaduan berbagai kegiatan kependudukan. Membangun aliansi di antara berbagai pihak dan organisasi yang mempunyai visi dan misi yang sama,” jelas Saratri.

Penduduk bukan beban, lanjut Saratri, penduduk yang berkualitas adalah modal kita untuk menjadi bangsa besar. Penduduk sebagai modal pembangunan. Setiap Kabupaten atau Kora harus mampu dan mau menjaga pertumbuhan penduduk agar bisa seimbang.

“Menurunkan angka kelahiran nasional dari 2,6 menjadi 2,28 seperti yang tertuang dalam PRJMN 2015-2019 adalah pekerjaan berat. Beberapa kelompok masyarakat permisif bahkan menganjurkan untuk memiliki anak lebih dari dua dengan beragam alasan,” imbuhnya.

Ketua Koalisi Kependudukan Kabupaten Brebes H. Bahrul Ulum, SE, MSi menambahkan, menurut data BPS, jumlah penduduk 872.242 laki laki dan 864.284 perempuan dengan jumlah total 1.736.526 penduduk. Pada tahun 2019 diprediksi 1.809.073 penduduk.

" Kebijakan pembangunan bidang kependudukan dan KB harus holistik, tematik, terintegrasi, spasial. Artinya mobilisasi semua potensi harus diberdayakan, melakukan intervensi jangan parsial dan ada prioritas utama untuk menentukan target," pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan mendapat respon positif dari ketua Koalisi kependudukan Jawa Tengah karena banyak yang bertanya. Hal ini menunjukkan ada semangat untuk melaksanakan amanah sebagai pengurus. Harapannya agar bisa maksimal dalam menjalankan tugas sebagai pengurus koalisi.

Tidak ada komentar