Breaking News

Perpustakaan Brebes Merevitalisasi Layanan Berbasis Inklusi Sosial

Brebes, (cbmnews.id) - Untuk meningkatkan budaya literasi di Kabupaten Brebes, Pemerintah Brebes mulai melakukan revitalisasi perpustakaan umum Brebes melalui transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Brebes, Tatang Koes Adianto saat memimpin rapat koordinasi pengembangan perpustakaan di Ruang Rapat Sekda, kamis (15/11).

Tatang menyampaikan bahwa sudah saatnya pemerintah merevitalisasi fungsi perpustakaan bukan hanya gudang buku dan tempat pinjam serta membaca buku, tapi perpustakaan harus dikembangkan sebagai pusat kegiatan masyarakat. "Perpustakaan harus bertransformasi menjadi pusat kegiatan. Sebagai pusat kegiatan, perpustakaan harus menjadi sumber informasi berbasis kemajuan teknologi informasi serta menjadi fasilitator kegiatan masyarakat dalam menegmbangkan potensi masyarakat. Brebes dipercaya Perpusnas untuk memulai program revitalisasi perpustakaan ini", katanya.

Semetara itu, Emaztoni Ezam Setda Kabupaten Brebes saat membuka rapat koordinasi. Menurutnya, Indeks Pembangunan Manusia di Brebes masih tertinggal dengan kabupaten lain di Jawa Tengah sehingga melalui revitalisasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dapat mendongkrak IPM.

" Perpustakaan akan berperan meningkatkan kualitas hidup manusia dan derajat pendidikan masyarakat dan sebagai pusat informasi", tuturnya.

Rapat koordinasi yang baru pertama kali diselenggarakan perpustakaan umum Brebes tersebut diikuti oleh stake holder yang terkait pengembangan perpustakaan. Hadir  dari Baperlitbangda, Dinas Permasdes, Dinas Kominfo, Dinas Pendidikan, seluruh Camat, perwakilan lembaga masyarakat dan lembaga penggerak literasi di Kabupaten Brebes.

Ditempat yang sama,  Baidatul Chusnia dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia mensosialisasikan Program Revitalisasi Perpustakaan Melalui Transformasi Layanan Berbasis Inklusi Sosial.

" Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah menekankan perlunya dibentuk tim sinergi pengembangan perpustakaan di Brebes yang beranggotakan seluruh pemangku kepentingan dalam pengembangan perpustakaan untuk merevitalisasi peran dan fungsi perpustakaan", ungkapnya.

Tidak ada komentar