Breaking News

Lima Desa di Sirampog Dilatih SIPBM

Sirampog (cbmnews.id)- sebanyak lima desa di kecamatan Sirampog yaitu Desa Sridadi, Mendala, Kaliloka, Buniwah dan Melayang, dilatih pendataan Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) yang dilaksanakan selama dua hari Senin-Selasa (10-11/12) di dua tempat berbeda yaitu di Aula Balaidesa Kaliloka dan Desa Mendala. 


Kasubag Ekonomi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) Kabupaten Brebes, Bambang Setiawan, SP, M.Si mengatakan bahwa data itu sangat penting karena kalau tidak ada data yang valid tidak mungkin ada perencanaan.


"Dipelatihan pendataan SIPBM ini nantinya jadi dasar perencanaan, setelah kita tahu permasalahan yang ada, baru kita lakukan perencanaan, selanjutnya dilakukan aksi," katanya.


Bambang menambahkan nantinya data SIPBM akan dikelola oleh team SID dan forum data desa. "Harapan besar kabupaten Brebes bahwa di tahun 2020 kita sudah punya data tunggal, dan dari data tersebut bisa dipakai untuk perencanaan pembangunan," tambahnya.


Salah satu calon pendata Nita Tasrihatul dari desa Mendala sangat antusias dengan kegiatan ini selain menambah wawasan juga berterimakasih karena sudah dilibatkan.


" Saya senang dilibatkan dalam kegiatan ini, harapannya kita jadi tahu permasalahan yang ada di desa. Dan bisa ikut andil dalam pembangunan," ungkapnya.(Her/LH)

Tidak ada komentar