Breaking News

Cegah Longsor, Warga Pamulihan Swadaya Perbaiki Sungai

PAMULIHAN (cbmnews.id) - Warga swadaya perbaiki daerah aliran sungai Cikeusal yang longsor dan mengancam ke pemukiman warga. Aliran sungai Cikesal yg berada di tengah dusun Pamulihan tepatnya di wilayah RW 04 dan RW 05 Desa Pamulihan, beberapa tahun terakhir ini mengalami erosi seiring bertambahnya volume dan derasnya aliran air yang diakibatkan kondisi hulu sungai yang kurang terjaga.  

Warga yang bermukim di sepanjang pinggir sungai secara swadaya melakukan penanganan di lokasi pinggir-pinggir sungai Cikesal dengan metode pancang yakni mnggunakan bambu dan kayu yang dikumpulkan oleh warga tersebut. Metode pancang ini diharapkan dapat membelokan air agar aliran menjauh dari pemukiman warga.  

Wahidin (45) selaku ketua RT  mengatakan, warga berinisiatif melakukan kerja bakti karena sangat khawatir musim hujan mendatang, longsor akan bertambah parah, dan sampai ke salah satu rumah warga yang  hanya berjarak beberapa meter dari bibir sungai.

" Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, aliran air bisa sedikit kami arahkan agar menjauh dari pemukiman warga dan sungai bsa mengalir dengan lurus," katanya, Sabtu (15/6).

Hal senada disampaikan Ketua RW 04 Sunardi (50) bahwa kegiatan ini dirasa sangat tepat, karena mumpung ada alat berat atau beko yang sedang mengerjakan proyek disalah satu warga, sehingga warga berinisiatif untuk meminta bantuan dan menyewa alat berat  agar pemasangan pancang-pancang bisa lebih kuat.

" Mumpung ada beko mas, jadi nancepin pancangnya bisa lebih kuat, kan kalau pakai tenaga manusia mah kekuatannya terbatas gak bisa dalam nancepnya," ujarnya.

Dngan adanya kegiatan ini warga berharap permaslahan longsor yg selama ini menghantui dikala musim hujan bisa teratasi.  (TAG/LH)

Tidak ada komentar