Breaking News

SPEK-HAM Gandeng Warga Wlahar Produksi Sabun Sereh Wangi

Wlahar (cbmnews.id) - Menyadari manfaat sereh untuk kecantikan dan pemeliharaan kulit menjadikan banyak produsen produk ini terus bergeliat memproduksi sabun sereh. Sesuai namanya sabun ini terbuat dari bahan utamanya berupa sereh serta ditambahkan bahan-bahan lain yang tidak kalah bermanfaatnya untuk kecantikan dan badan.

Sabun sereh ini sangat aman untuk kulit wajah dan tubuh sehingga tidak perlu takut menggunakannya untuk perawatan wajah sehari-hari, termasuk produksi yang dilakukan kelompok warga Desa Wlahar Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes.

Menurut, Nila Pendamping dari SPEK HAM mengatakan sabun ini sangat bermanfaat bagi warga dengan berbagai khasiat kesehatan dan di minati masyarakat luas.

" Sejauh ini SPEK HAM bagian mendampingi kelompok dan memastikan kualitas produksi sabun sampai dari pemasaran dan perijinan," katanya, kemarin.

Lebih lanjut Nila, pihaknya akan berencana akan membuat produk ke beberapa segemntasi dari pasar low ke midle sebagai langkah selanjutnya.
" Sudah di terima masyarakat luas dan targetnya nanti bisa menjadi salah satu komoditas unggulan kabupaten Brebes," tambahnya.

Produksi sabun natural serai wangi ini sinergi dengan program pengentasan kemiskinan di Brebes. SPEK-HAM berupaya untuk berkonsultasi pada pembangunan di Brebes melalui program pertanian peternakan terpadu ramah lingkungan. Salah satu perwujudannya adalah menciptakan kawasan Atsiri organik dg budidaya tanaman atsiri serai wangi (aspek hulu) hingga produksi produk hilir atsiri, salah satunya sabun natural serai wangi. Kedepannya telah dirancang produk hilir lainnya yaitu karbol sereh wangi, cuci piring sereh wangi, massage oil sereh wangi, dan produk toiletris alamiah lainnya. 

Selain produk hilir, Spek HAM juga mengajak masyarakat untuk mengolah limbah hasil penyulingan serai wangi mnjd bahan untuk membuat pupuk organik, menjadi media budidaya jamur serai wangi, pakan ternak, dan bahan bakar penyulingan itu sendiri.

Hartono selaku koordinator tim bisnis organisasi menuturkan, untuk sekarang ini produksi sabun sedang meningkatkan produksi dengan konsistensi yang  baik dengan menggunakan strategi sociopreneurship dalam masyarakat pemberdayaan masyarakat.

" Permintaan masyarakat sangat luar biasa, kami sudah merambah ke seluruh kabupaten Brebes termasuk sudah masuk ke komunitas umkm remojong Brebes dan banyak respon positif terhadap sabun serai ini," tuturnya.

Kedepan, menjadi harapan bersama, produk sabun natural serai wangi ini diminati oleh masyarakat Brebes, sehingga berkontribusi pada pengembangan kelompok usaha di desa Wlahar dari, oleh, dan untuk masyarakat Brebes. (Raeko/LH)

Tidak ada komentar